Jumat, 17 Mei 2013

Resensi Jurnal


Bahasa Indonesia 2

Judul               :  Sistem Kendali Mesin Cuci Otomatis dengan Fuzzy Logic Controller
Penulis             : Obbadi
Tema               : Fuzzy Controller untuk mesin cuci

Sinopsis
            Kebersihan merupakan suatu hal yang cukup signifikan dalam kehidupan manusia.Tanpa kebersihan manusia bisa dikatakan seperti kehidupan hewan yang tidak mengenal tentang kebersihan. Masalah kebersihan menjadi seseuatu yang cukup kompleks dalam kehidupan manusia, terutama tentang kebersihan pakaian sebagai wujud nyata dari kepribadian manusia itu sendiri. Tidak mungkin seseorang hanyabersih secara jasmani sedang sandang sandang (baca; pakaian) belum masuk dalamkategori bersih. Dalam kehidupan sehari-sehari, kebersihan pakaian mayoritas dilakukan denganproses mencuci. Dari zaman nenek moyang, mencuci merupakan hal yang pentinguntuk menjaga kebersihan sandang mereka. Hingga zaman ke zaman, proses mencucidilakukan dengan berbagai cara, termasuk dengan menggunakan mesin pencuci.Seiring dengan perkembangan teknologi. Sistem kendali mesin cuci otomatis pertama kali digunakan di Jepang.
Mesin cuci yang menggunakan Logika Fuzzy dan Jaringan Saraf Tiruan mempunyai beberapa pilihan dalam proses mencuci. Ketika pakaian kotor dimasukan ke dalam mesin cuci maka kita bisa langsung memberi masukan pada mesin cuci tentang jenis kain pada pakaian. Dengan melihat kondisi tersebut, maka pada sistem pengendali mesin cuci saat ini digunakan sebuah metode khusus yang tentunya tidak jauh dari kepintaran manusia pada umumnya.  

Keunggulan
Jurnal ini bisa memberikan suatu informasi mengenai Logika Fuzzy yang membantu proses mencuci. Jurnal ini memberikan langkah-langkah pembuatan suatu program Logika Fuzzy untuk memudahkan proses mencuci terutama untuk pengusaha Laundry. Pada jurnal ini terapat informasi mengenai bagaimana cara mencuci dengan Logika Fuzzy yang mempunyai banyak keuntungan jika dibandingkan dengan proses mencuci konvensional.


Kekurangan
Jurnal ini memang memberikan langkah-langkah bagaimana menjalankan suatu program Logika Fuzzy Controller pada mesin cuci untuk mempermudah proses mencuci tetapi belum ada langkah-langkah pembuatan program tersebut.


Saran
Jurnal ini akan menjadi lebih menarik jika terdapat langkah-langkah pembuatan Logika Fuzzy Controller, tidak hanya cara pengoprasiannya saja. Sehingga pada pengusaha Laundry bisa mencoba membuat Logika Fuzzy Controller atau penulis jurnal bisa memberikan kontak personal yang bisa dihubungi jika ada yang tertarik menggunakan Logika Fuzzy Controller tetapi tidak bisa membuatnya.