Selasa, 17 Desember 2013

WBS pada Penulisan Ilmiah

WBS adalah suatu struktur kerja, yang biasanya ada di project management, fungsinya untuk mengatur alur kerja. Jadi satu project besar misalnya dibagi-bagi ke project kecil lalu nantinya akan digabung, seperti pada pabrik mobil yaitu kita membuat komponen-komponen kecilnya lalu kita juga membuat komponen yang besar dan semua komponen itu baik yang kecil maupun besar digabung menjadi satu kesatuan dan jadilah mobil. Itu ditujukan agar lebih focus dan mudah.
            WBS disusun bedasarkan dasar pembelajaran seluruh dokumen proyek yang meliputi kontrak, gambar-gambar, dan spesifikasi. Proyek kemudian diuraikan menjadi bagian-bagian dengan mengikuti pola struktur dan hirarki tertentu menjadi item-item pekerjaan yang cukup terperinci, yang disebut sebagai Work Breakdown Structure.


            Di bawah ini merupakan contoh WBS pada Penulisan Ilmiah berjudul APLIKASI TENSES AND PRONUNCIATION BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APP INVENTOR


Pada level 1 menjelaskan project apa yang akan kita rancang atau sebagai judul dari sebuah perancangan. Dibagian level 2 terdapat 3 komponen yaitu : Service, Hardware, Software
Service menjelaskan bentuk pelayanan apa saja yang diberikan dari Aplikasi Tenses & Pronunciation. Hardware menjelaskan Perangkat keras apa saja yang digunakan dalam pembuatan Aplikasi Tenses & Pronunciation. Penggunaan hardware sangat penting untuk mendukung dalam pembuatan aplikasi, lalu yang terakhir Software menjelaskan Perangkat lunak apa saja yang digunakan dalam pembuatan Aplikasi Tenses & Pronunciation.