Selasa, 17 Desember 2013

Manajemen Kontrol Keamanan

Keamanan Informasi adalah suatu upaya untuk mengamankan aset informasi yang dimiliki. Tujuannya adalah untuk melindungi kerahasiaan, integritas dan ketersediaan informasi. Dengan tumbuhnya berbagai  penipuan, spionase, virus, dan hackers sudah mengancam informasi bisnis  manajemen oleh karena meningkatnya keterbukaan informasi dan lebih sedikit kendali/control yang dilakukan melalui teknologi informasi modern. 
Berikut ini merupakan asset dari Sistem Informasi yang harus dilindungi oleh manajemen keamanan :
1. Aset Fisik :
a)      Personnel
b)      Hardware
c)      Fasilitas
d)     Dokumentasi
e)      Supplies
2. Aset Logika :
a)      Data / Informasi
b)      Software

Keamanan informasi terdiri dari perlindungan terhadap aspek-aspek berikut :
A.    Confidentiality (kerahasiaan) aspek yang menjamin kerahasiaan data atau informasi, memastikan bahwa informasi hanya dapat diakses oleh orang yang berwenang dan menjamin kerahasiaan data yang dikirim, diterima dan disimpan.
B.     Integrity (integritas) aspek yang menjamin bahwa data tidak dirubah tanpa ada izin pihak yang berwenang (authorized), menjaga keakuratan dan keutuhan informasi serta metode prosesnya untuk menjamin aspek integrity ini.
C.     Availability (ketersediaan) aspek yang menjamin bahwa data akan tersedia saat dibutuhkan, memastikan user yang berhak dapat menggunakan informasi dan perangkat terkait (aset yang berhubungan bilamana diperlukan).
Keamanan informasi diperoleh dengan mengimplementasi seperangkat alat kontrol yang layak, yang dapat berupa kebijakan-kebijakan, praktek-praktek, prosedur-prosedur, struktur-struktur organisasi dan piranti lunak.