Sabtu, 17 Desember 2011

Pengertian dan Unsur-Unsur Komunikasi

Secara etimilogis Komunikasi berasal dari bahasa latin yaitu cum, sebuah kata depan yang artinya dengan, atau bersama dengan, dan kata units, sebuah kata bilangan yang berarti satu.
Dua kata tersebut membentuk kata benda comunio yang dalam bahasa Inggris disebut communion yang berarti kebersamaan, persatuan, persekutuan gabungan, pergaulan atau hubungan. Karena untuk bercomunio diperlukan adanya usaha dan kerja, maka kata itu dibuat kata kerja communicate yang berarti membagi sesuatu dengan seseorang, tukar menukar, membicarakan sesuatu dengan orang, memberitahukan sesuatu kepada sesorang, bercakap-cakap, bertukar pikiran, berhubungan, berteman. Jadi komunikasi berarti pemberitahuan pembicaraan, percakapan, pertukaran pikiran atau hubungan.
Dari sekian banyak definisi komunikasi, maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah suatu kata yang mencakup segala bentuk interaksi dengan orang lain yang berupa percakapan biasa, membujuk, mengajar dan negoisasi.
Unsur-unsur Komunikasi
Komunikator / sender / pengirim
Komunikator adalah orang yang menyampaikan isi pernyataan kepada komunikan. Komunikator bisa perorangan, kelompok atau organisasi pengirim berita. Tanggung jawab utama seorang komunikator adalah:
1. mengirim pesan yang jelas;
2. memilih channel yang cocok untuk mengirim pesan;
3. meminta kejelasan bahwa pesan telah diterima dengan baik.
Untuk itu, komunikator dalam penyampaiannya harus memperhatikan dengan siapa dia berkomunikasi, apa yang akan disampaikan dan bagaimana cara menyampaikannya. Adapun pesan yang dikirim dapat berupa instruksi, saran, usul, permintaan, pengumuman, berita duka dll.
Komunikan / Receiver / Penerima
Komunikan adalah patner atau rekan dari komunikator dalam komunikasi. Ia berperan sebagai penerima berita. Dalam komunikasi, peran pengirim dan penerima selalu bergantian sepanjang pembicaraan. penerima mungkin mendengarkan pembicara atau menuliskan teks atau menginterpretasikan pesan dengan berbagai cara.
Tanggun jawab seorang komunikan adalah:
1. berkonsentrasi pada pesan untuk mengeri dengan baik dan benar akan pesan yang diterima;
2. memberikan follow up pada komunikator untuk memastikan komunikator bahwa pesan telah diterima dan dimengerti;
Dengan diterimanya umpan balik dari pihak komukan, maka terjadi komunikasi dua arah atau two way traffic atau two way flow of communication. apabila antara komunikator dengan komunikan mempunyai pengalaman yang sama, maka komunikasi dapat beralan lancar.
Channel / saluran / media
Channel adalah saluran atau jalan yang dilalui oleh isi pernyataan komunikator kepada komunikan. Atau jalan yang dilalui feedback komunikan kepada komunikator yang digunakan oleh komunikator. Pesan itu dapat berupa kata-kata atau tulisan, tiruan, gambaran atau perantara lain yang dapat berkomunikasi melalui berbagai channel yang berbeda seperti blog, HP, TV, radio, fax, hand signal, E-mail, sandi morse, semaphore, sms dll. Pemilihan channel dalam proses komunikasi tergantung pada sifat berita yang akan disampaikan.
Referensi: http://www.pustakasekolah.com/pengertian-komunikasi.html